Tips Mencari Kontrakan, Makanan dan Hidup Murah di Jogja

Jogjakarta kota gudeg dan kota pelajar, kota ini setiap tahunnya di datangi oleh ribuan pendatang yang banyak nya adalah calon atau mahasiswa yang akan menuntut ilmu di kota tersebut.

Tips mencari kontrakan, makanan dan hidup murah di Jogja

Jangan khawatir apabila sedang pusing mencari kontrakan, kost, dan menghitung hitung biaya perbulan yang akan di habiskan untuk tinggal di Jogja karena jawabannya adalah tidak mahal asal gaya hidup yang di pilih adalah gaya hidup sederhana, sesuai kemampuan atau budget dan tidak boros.

Hidup di Jogja tidak lah semahal di ibu kota karena mayoritas pelajar yang tinggal di kota ini jadi sudah pasti kota Jogja menawarkan kehidupan ala mahasiswa dengan harga mahasiswa yang sangat terjangkau. Banyak juga café, restaurant dan kontrakan Jogja dengan harga yang tinggi di kota ini, tentu saja tergantung daerah tempat tinggal yang akan di tinggali nantinya.

Apabila dekat dengan universitas atau kampus makanan dan tempat penunjang untuk fotokopi dan printing banyak di sediakan. Dengan biaya yang masuk akal. Tetapi apabila mencari kontrakan yang sangat dekat dengan universitas atau kampus biasanya agak mahal karena orang lain pun berebut untuk menyewa tempat tersebut. Yang punya rumah pasti memasang harga yang bersaing karena lokasi yang mereka punya menjadi perebutan calon penghuni.

Tetapi jangan khawatir, berikut adalah tips mencari kontrakan, makanan dan hidup murah di Jogja, semoga membantu dan mengurangi pusing nya ya.

Mencari kontrakan murah

Biaya kontrakan mulai dari 2 Juta sampai 3 Juta Rupiah perbulan, biasanya kontrakan yang di tawarkan mempunyai dua sampai tiga kamar dan satu sampai dua kamar mandi. Jarang ada kontrakan yang bisa di bayar perbulan, kontrakan di tawarkan untuk di bayar minimal per enam bulan atau minimal setahun.

Cukup murah untuk ukuran kota sebesar Jogja. Tetapi harus di ingat biaya ini belum termasuk biaya listrik, internet, air dan biaya biaya tambahan dari RT atau RW seperti biaya keamanan, sampah dan lain lain.

Selain harga yang perlu di pertimbangkan adalah lokasi , jarak dengan tempat aktivitas rutin, jarak dengan tempat ibadah, lingkungan yang baik ada hal yang perlu di pertimbangkan karena tetangga adalah orang terdekat yang akan menolong apabila terjadi sesuatu yang urgent jadi lingkungan yang ramah dan baik adalah termasuk hal yang penting dalam memilih kontrakan. Daerah yang aman juga penting, khususnya apabila sering pulang larut malam keamanan adalah hal yang utama.

Kontrakan yang di pilih tidak perlu terlalu dekat dengan tempat aktifitas sehari hari, asal dapat di tempuh dengan berjalan kaki, naik sepeda, becak atau angkutan umum dengan jarak 1-3km pun sudah mencukupi asalkan harga sesuai dengan budget yang sudah di tentukan.

Makanan yang murah di Jogja

Jangan khawatir dengan mencari makanan murah, akan selalu ada mie instan yang menemani anda di kala akhir bulan haha, tetapi di Jogja harga makanan yang di tawarkan pun sangat murah mulai dari 10,000 Rupiah dan bahkan ada beberapa angkringan yang populer di kota ini yang menawarkan jualan mereka mulai dari 2,000 Rupiah saja.

Angkringan merupakan salah satu tempat makan yang populer di Jogja. Untuk satu porsi nasi kucing harganya mulai dati 1500 sampai 2000 Rupiah, kenapa dinamakan nasi Kucing karena porsi dan penyajiannya seperti untuk kucing tetapi jangan ragukan kebersihan dan rasanya sudah pasti bukan selera kucing.

Sate dan lauk untuk nasi kucing harganya mulai dari 1,000 sampai 3,000 Rupiah, selain itu angkringan juga menyediakan aneka gorengan dengan harga 500 sampai 2,000 Rupiah. Kalau akhir bulan hanya punya uang 10,000 saja, mampir ke angkringan di jamin kenyang.

Selain angkringan, ada satu tempat soto yang cukup terkenal karena selalu antri di Jogja. Namanya soto Pak Man, soto ini biasanya buka di pagi hari untuk sarapan, semangkuk soto dan segelas air jeruk hanya dengan 10,000 Rupiah saja. Ada juga lauk pelengkap khas soto lainnya yang bisa di tambahkan kalau uangnya cukup yaa.

Selain itu rumah makan Ngundi Rejeki juga menawarkan harga murah yang mengenyangkan, kenapa rumah makan ini sangat terkenal selain murah pilihan lauk yang di tawarkan pun sangat beragam mulai dari ikan, ayam, menu penyet, sop dan lain lain. Harga yang di tawarkan pun mulai dari 10,000 Rupiah saja. Tempatnya juga bersih dan nyaman.

Tidak perlu khawatir dengan budget bulanan yang terbatas, Jogja menawarkan harga yang sangat bersahabat untuk perut dan kantong.

Jogja adalah salah satu kota besar di Indonesia, tetapi seperti yang sudah kita ketahui bahwa Jogja memiliki living cost yang terbilang murah di bandingkan dengan kota kota besar lainnya, Upah Minimum Regional atau UMR di kota Jogja juga terbilang rendah jika di bandingkan dengan Surabaya atau Bandung. Dengan UMR yang rendah, biaya hidup atau gaya hidup masyarakat Jogja bisa di pastikan cukup sederhana.

Dengan murahnya biaya kontrakan atau makanan di daerah tertentu bisa di sesuaikan dengan budget perbulan. Hidup sederhana dan cukup setiap bulannya, dengan belanja kebutuhan bulanan secukupnya, kontakan yang sesuai dengan budget, jajan makanan di tempat yang reasonable (atau memasak biasanya lebih murah) bisa di akali untuk hidup di Jogja. Semua tergantung dengan pribadi masing masing, gaya hidup mana yang di pilih untuk survive di kota Jogja.

Dikirimkan di Info